Martabat Nafsu

Apabila berbicara tentang nafsu, ramai diantara kita mengolahkan tentang suatu kelakuan yang  terbit  dari perilaku hidup manusia.Adapun diantara kita berkata”Jangan ikuti nafsu nanti lesu” hidup ini jangan sekali-kali ikut nafsu karena itu adalah pekerjaan syaitan. Pendek kata ramai diantara kita belum lagi mengetahui takrif nafsu dan juga menambah martabat nafsu. Adapun takrif nafsu dapat dibagi menjadi dua bagian sebagai berikut :

1.Pertama :Nafsu adalah suatu perlakuan naluri manusia yang mendorong suatu perlakuan yang dikuasai oleh iblis untuk melakukan suatu yang bertentangan dengan syariat, hakikat Allah s.w.t dan ianya terbit dari pada kekotoran hati manusia dengan Allah s.w.t.

2.Kedua : Nafsu juga boleh ditakrifkan sebagai suatu martabat kelakuan hati dan kelakuan manusia didalam arah martabat kesucian seseorang itu pada hakikatnya dan ianya boleh juga ditafsirkan sebagai taraf dan tahap hijab-hijab yang harus ditembusi oleh manusia untuk mengenal dirinya dan mengenal Tuhannya. Adapun nafsu itu letaknya dicabang hati manusia.Ianya bertindak sebagai hijab dinamakan (hijab) maksunya hubungan antara diri rahasia manusia dengan tuan  empunya diri (Tuhannya).

Oleh karena itu tugas manusia yang hendak menuju kepada makrifat hendaklah berusaha memecahkan ruyung-ruyung hijab ini sehingga ianya sampai ke martabat yang paling tinggi kemuliaanya disisi Allah s.w.t dan pula bebaslah diri batin manusia untuk bertemu dengan diri Empunya Diri pada setiap saat dan ketika.

Adapun martabat nafsu pada diri manusia itu terdiri dari 7 nafsu sebagaimana yang termaktub di dalam Al-Quran :          1.Nafsu Amarah
2.Nafsu Lawamah
3.Nafsu Mulhamah
4.Nafsu Mutmainah
5.Nafsu Radiah
6.Nafsu Mardiah
7.Nafsu Kamaliah

Surat Al Mu’minun ayat 17
Artinya “Sesungguhnya kami telah mencipta keatas dirimu tujuh  jalan (nafsu)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: